SEARCH : GO C DOWNLOAD
RPP Kelas VII semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas VII semester 2 DOWNLOAD !
RPP Kelas VIII semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas VIII semester 2 DOWNLOAD !
RPP Kelas IX semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas IX semester 2 DOWNLOAD !
RPP Penjasorkes SMA / MA
SEARCH : GO C DOWNLOAD
RPP Kelas X semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas X semester 2 DOWNLOAD !
RPP Kelas XI semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas XI semester 2 DOWNLOAD !
RPP Kelas XII semester 1 DOWNLOAD !
RPP Kelas XII semester 2 DOWNLOAD !
Bagi guru yang menghendaki Silabus SMP, bisa di click Silabus SMP/MTs
Contoh RPP Penjasorkes !!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs. KHOZINATUL ‘ULUM BLORA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 2
Pertemuan : 3 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
Standar Kompetensi
7. Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
7.1. Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)
Materi Pokok Pembelajaran
Sepak Bola
Indikator
1. Dapat menendang bola dengan variasi mengunakan kaki bagian dalam dan luar
2. Dapat menghentikan bola dengan variasi mengunakan kaki bagian dalam dan luar
3. Dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar menendang bola
2. Siswa dapat menghentikan bola
3. Siswa dapat melakukan teknik dasar menggiring bola
4. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dengan baik
B. Materi Pembelajaran
1. Latihan kombinasi teknik dasar menendang bola
2. Latihan kombinasi teknik dasar menghentikan bola
3. Latihan kombinasi teknik dasar menggiring bola
4. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
1. Pembelajaran Aktif
2. Inovatif
3. Kreatif
4. Efektif
5. Menyenangkan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Kegiatan Pendahuluan § Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. | ||
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi § Pemanasan secara umum § Berlari mengelilingi lapangan sepak bola § Pemanasan khusus sepak bola b. Elaborasi § Siswa yang ditunjuk memperagakan teknik dasar menendang dan menghentikan bola § Menendang dan menghentikan bola dari jarak 10 m berpasangan dengan temannya dengan kontrol yang baik § Menggiring bola berpasangan dengan jarak 20 m § Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi c. Konfirmasi § Guru memberikan umpan balik dan memberikan penguatan pada siswa yang sudah benar dalam melakukan pasing dan menghentikan bola § Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol § Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih | ||
3. | Kegiatan Penutup § Pendinginan (colling down) § Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari § Berbaris dan berdoa |
Pertemuan 2
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Kegiatan Pendahuluan § Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. | ||
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi § Pemanasan secara umum § Berlari mengelilingi lapangan sepak bola § Pemanasan khusus sepak bola b. Elaborasi § Siswa yang ditunjuk untuk memperagakan teknik dasar menendang dan menghentikan bola § Menendang bola, menghentikan bola dan menggiring bola jarak 20 m § Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi c. Konfirmasi § Guru memberikan umpan balik dan memberikan penguatan pada siswa yang sudah benar dalam melakukan pasing dan menghentikan bola § Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol § Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih | ||
3. | Kegiatan Penutup § Pendinginan (colling down) § Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari § Berbaris dan berdoa |
Pertemuan 3
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Kegiatan Pendahuluan § Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran. | ||
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi § Pemanasan secara umum § Berlari mengelilingi lapangan sepak bola § Pemanasan khusus sepak bola b. Elaborasi § Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi § Penilaian c. Konfirmasi § Guru memberikan umpan balik dan memberikan penguatan pada siswa yang sudah benar dalam melakukan pasing dan menghentikan bola § Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol § Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih | ||
3. | Kegiatan Penutup § Pendinginan (colling down) § Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari § Berbaris dan berdoa |
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
§ Bola sepak atau sejenisnya
§ Lapangan permainan atau lapangan sejenisnya
§ Tiang pancang atau sejenisnya
§ Peluit
2. Sumber Pembelajaran
§ Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas VIII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan sepak bola
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bola sepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Keterangan :
Nilai = Jumlah nilai yang diperoleh x 60%
b. Tes Sikap (Afektif)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
Keterangan :
Nilai = Jumlah nilai yang diperoleh x 20%
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Memberikan butir-butir pertanyaan.
Keterangan :
Nilai = Jumlah nilai yang diperoleh x 20%
2. Rekapitulasi Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA
Permainan sepak bola
Indikator | Aspek yang dinilai | Skor Maks | Nilai |
Melakukan teknik dasar pasing dan menghentikan bola dengan kontrol yang baik Melakukan teknik dasar dribel selama 1 menit | - Sikap awal ( posisi badan awal ) - Perkenaan bola dengan kaki - Gerak ikutan - Tepat sasaran Jumlah nilai indikator 1 - Sikap awal ( posisi badan awal ) - Perkenaan bola dengan kaki - Gerak ikutan - Banyaknya waktu yang ditempuh Jumlah nilai indikator 2 | 10 40 10 40 10 40 10 40 | |
R Nilai indikator 1 dan 2 |
b. Tes Sikap (Afektif)
RUBRIK PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP
Permainan sepak bola
Indikator | Perilaku yang diharapkan | Skor | Nilai |
Melakukan teknik dasar pasing dan menghentikan bola dengan kontrol yang baik Melakukan teknik dasar dribel selama 1 menit | - sopan - dapat bekerja sama - mematuhi peraturan - menghargai teman - melakukan dengan sungguh-sungguh | 0 – 20 0 – 20 0 – 20 0 – 20 0 – 20 | |
Jumlah Nilai |
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
Permainan sepak bola
Indikator | Pertanyaan yang diajukan | Skor | N |
Melakukan teknik dasar pasing dan menghentikan bola dengan kontrol yang baik Melakukan teknik dasar dribel selama 1 menit | Jelaskan gerakkan badan pada waktu menendang ! Jumlah nilai indikator 1 Jelaskan gerakkan badan pada waktu dribel ! Jumlah nilai indikator 2 | 0 – 40 0 – 60 | |
R Nilai indikator 1 dan 2 |
NILAI PERMAINAN SEPAK BOLA
No. | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jumlah | Nilai Akhir | Kriteria | ||
Psikomotor | Afektif | Kognitif | |||||
1. | |||||||
2. | |||||||
3. | |||||||
4. | |||||||
5. | |||||||
NIlai Rata-rata |
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60
Mengetahui, Kepala Sekolah | Blora, Januari 2011 Guru Mata Pelajaran |
NUR ROKHIM, S.Pd.I | RA. DEWI SEKAR MELATI, S.Pd |